Perkembangan Wilayah Indonesia dari Masa ke Masa

This is the post excerpt.

Advertisements

Berbicara tentang jumlah provinsi yang ada di Indonesia, dari tahun ke tahun selalu mengalami perkembangan atau mengalami pemekaran. Hal ini tentu saja karena kebutuhan setempat. Pemekaran dalam rangka memenuhi tuntutan pembangunan, politik, dan pemerintahan. Pemekaran juga dalam rangka memenuhi keadilan. Lalu bagaimanakah pemekaran provinsi terjadi? Serta bagaimana pula dampaknya bagi kehidupan masyarakat?

A. Wilayah Indonesia

Wilayah Indonesia terdiri dari beribu-ribu pulau dan ada 5 kima pulau besar, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Irian (Papua). Tiap pulau tersebut terdiri atas beberapa provinsi yang kesemuanya tergabung dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dahulu, wilayah Indonesia hanya terdiri atas beberapa provinsi. Pertanyaannya, bagaimana Indonesia bisa memiliki wilayah sebesar sekarang?

wilayah_NKRI

Saat ini jumlah provinsi di Indonesia ada 34 buah.  Sejak Irian Jaya (papua) dibagi menjadi 3 provinsi tahun 1999, lalu masuknya Bangka Belitung, Banten dan Gorontalo tahun 2000, kemudian diikuti kepulauan Riau tahun 2003, jumlah seluruh provinsi di Indonesia yang semula 27 menjadi 33 buah. Kemudian pada 25 Oktober 2012, Kalimantan Utara menjadi provinsi ke 34.

Wilayah Indonesia mengalami perkembangan seiring dengan pertambahan jumlah penduduk, kemampuan ekonomi, serta kemampuan dalam bidang pertahanan keamanan. Inilah yang memengaruhi terjadinya perkembangan provinsi Indonesia.

B. Provinsi Indonesia Pada Awal Kemerdekaan

Pada awal kemerdekaan yaitu pada tahun 1945, jumlah provinsi di Indonesia meliputi delapan provinsi, yaitu:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s